Pembersih yang Tepat Untuk Kulit Berminyak, Ini Cara Memilihnya!

Pembersih untuk kulit berminyak dapat menjaga kebersihan kulit wajah. Ritual membersihkan wajah penting dilakukan agar terbebas dari berbagai masalah kulit. Namun, jika Anda salah memilih jenis pembersih, tidak akan memperbaiki tekstur kulit.

Justru pembersih yang salah bisa menyebabkan masalah kulit lainnya. Biasanya masalah kulit berminyak muncul karena kelenjar minyak memproduksi minyak berlebih untuk menjaga kelembapan kulit.

Jika Anda merasa kulit Anda terlalu berminyak, Anda mungkin tergoda untuk menggunakan pembersih yang keras. Harapannya adalah untuk menghilangkan minyak secara instan.

Tanpa Anda sadari, justru menghilangkan minyak di wajah. Nanti hanya akan membuat kulit wajah semakin kering. Bahkan bisa memicu kulit untuk memproduksi lebih banyak minyak.

Baca juga: Milk Cleanser Facial Cleanser Jadi Solusi Wajah Kotor Anda

Inilah Cara Memilih Pembersih Untuk Kulit Berminyak

Anda tentu membutuhkan pembersih yang bisa membersihkan minyak berlebih, namun tanpa membuatnya kering. Berikut adalah beberapa cara memilih pembersih untuk mereka yang memiliki kulit berminyak.

Pahami Bahan-Bahannya

Memilih pembersih yang sesuai dengan jenis kulit Anda bisa jadi rumit. Tapi Anda bisa memulainya dengan melihat bahan-bahannya terlebih dahulu. Hal ini karena kandungan dalam setiap pembersih berbeda-beda.

Jika Anda salah memilih bahan, bisa berakibat fatal dan serius. Kulit wajah berminyak cenderung lebih berminyak dari sebelumnya.

Oleh karena itu, penting untuk memilih pembersih dengan bahan yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Ada beberapa bahan yang sangat baik untuk kulit berminyak.

Mulai dari niacinamide, formula microbeads, hyaluronic acid, atau salicylic acid. Semua bahan ini aman dan terbukti ampuh untuk merawat kulit berminyak.

Baca Juga :  Cara Menutup Mata Panda Tanpa Concealer yang Mudah dan Aman

Baca juga: Bedak Wajah Untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat, Ini Rekomendasinya

Hindari Alkohol

Pastikan untuk membeli pembersih untuk kulit berminyak yang tidak mengandung alkohol. Kandungan bebas alkohol direkomendasikan untuk pemilik kulit wajah berminyak. Sebab, alkohol bisa membuat kondisi kulit wajah menjadi lebih kering dan bersisik.

Jika Anda memiliki kulit berminyak dan sensitif, sebaiknya hindari kandungan alkohol dalam pembersihnya.

Bahan-bahan tersebut hanya akan memperburuk kondisi kulit dan memerah. Saat ini, ada banyak pembersih non-alkohol yang bisa Anda temukan dengan mudah.

Tingkat pH rendah

Pembersih yang memiliki kadar pH rendah sangat cocok untuk perawatan kulit berminyak. Sebab, kadar pH yang terlalu tinggi hanya akan memicu peradangan kulit seperti munculnya jerawat.

Tak hanya jerawat, masalah kulit lainnya juga akan mudah muncul jika minyak di kulit tidak berkurang.

Baca juga: Sabun Wajah pH Rendah, Tidak Membuat Kulit Kaku

Bebas minyak berlabel

Pada kondisi kulit berminyak, akan lebih baik memilih pembersih yang tidak mengandung bahan minyak.

Untuk mengetahui apakah ada kandungan minyaknya atau tidak, Anda bisa mengeceknya sendiri melalui label tag pada produk.

Penting untuk memilih pembersih yang tepat untuk kulit berminyak. Jika salah memilih, maka bisa memicu munculnya masalah kulit lainnya. (R10/HR-Online)