Bahan Aktif Perawatan Kulit dan Fungsinya untuk Menjaga Kesehatan Kulit

Anda perlu mengetahui bahan aktif skincare dan fungsinya. Hal ini agar perawatan kulit dapat bekerja dengan baik dalam kondisi yang tepat.

Biasanya, Anda akan menemukan banyak bahan aktif ini dalam serum dan toner.

Namun, pada kenyataannya, skincare juga memiliki bahan aktif untuk kondisi kulit tertentu. Hal ini digunakan dengan tujuan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Khusus untuk kamu yang memiliki kulit berjerawat, jangan sembarangan menggunakan skincare dengan bahan aktif.

Oleh karena itu, perlu diketahui bahan aktif skincare dan fungsinya. Yuk kenali apa saja bahan aktif yang efektif dan cocok untuk mengatasi masalah kulit.

Baca juga: Kandungan Skincare untuk Jerawat, Teliti Sebelum Membeli

Kenali Bahan Aktif Perawatan Kulit dan Fungsinya

Sebagai wanita yang ingin menjaga kecantikan, ada banyak produk untuk membantu menjaga kesehatan kulit. Apalagi mengingat setiap orang memiliki kulit wajah yang berbeda-beda.

Ada yang kering, berminyak, berjerawat dan masih banyak lainnya. Namun, ternyata ada beberapa jenis bahan aktif dalam perawatan kulit. Berikut ini adalah beberapa bahan aktif dalam produk kecantikan, antara lain:

BHA (Beta Hydroxy Acid)

Salah satu bahan aktif dalam skincare adalah BHA (Beta Hydroxy Acid) yang berfungsi sebagai anti inflamasi. Bahan aktif ini baik untuk Anda yang memiliki kulit sensitif.

Bahkan cocok untuk Anda yang memiliki kulit berjerawat, untuk membantu mengatasi peradangan dan iritasi yang terjadi. BHA juga dapat membantu membersihkan pori-pori kulit dan membantu menyembuhkan jerawat dengan cepat.

Baca juga: Tips Skincare Bekerja Maksimal untuk Kulit Wajah Glowing

Baca Juga :  Perawatan Wajah Puasa Aman untuk Menjaga Kesehatan Kulit

Vitamin C

Bahan aktif dalam skincare dan fungsi lainnya adalah vitamin C. Fungsinya untuk mencerahkan kulit dan juga sebagai antioksidan. Ini membuatnya efektif dalam membantu meminimalkan bekas jerawat, munculnya garis-garis halus, dan kerutan.

Vitamin C merupakan antioksidan yang dapat meningkatkan produksi kolagen yang merupakan bagian penting dari struktur kulit.

AHA (Asam Alfa Hidroksi)

Mengetahui bahan aktif perawatan kulit dan fungsinya dapat membantu Anda menyesuaikan diri dengan jenis kulit Anda. Bahan aktif AHA banyak ditemukan pada toner dan serum.

Terutama untuk produk kecantikan yang digunakan untuk perawatan kulit berjerawat.

Manfaat bahan aktif ini adalah dapat mencegah tanda-tanda penuaan dini. Misalnya, adanya flek hitam, mengurangi komedo, jerawat, dan pengelupasan kulit di permukaan.

Baca juga: Perawatan Kulit untuk Memperbaiki Penghalang Kulit Secara Efektif

Niasinamid (Vitamin B3)

Niacinamide adalah bahan aktif dalam produk kecantikan. Manfaatnya antara lain melindungi kulit dari polusi, sinar matahari, iritasi, penuaan dini, memperkuat pelindung kulit, dan mengontrol produksi sebum.

Bahan aktif ini paling cocok dipadukan dengan bahan aktif lainnya. Bahkan cocok untuk kulit berjerawat dan sensitif.

Karena perannya dalam melindungi kulit, Anda bisa menggunakannya pada siang atau malam hari.

Sebenarnya, mengetahui bahan aktif skincare dan fungsinya cukup penting. Apalagi setiap wanita memiliki jenis kulit yang berbeda-beda. Mengetahui hal ini akan memungkinkan Anda untuk memilih produk perawatan kulit sesuai dengan jenis kulit Anda. (R10/HR-Online)